Kebutuhan Tidur Berdasarkan Usia

Kebutuhan tidur manusia berbeda-beda sesuai  usianya, kebutuhan tidur bayi tentu berbeda dengan kebutuhan tidur lansia dan kebutuhan tidur anak-anak

Kebutuhan tidur manusia berbeda-beda sesuai  usianya, kebutuhan tidur bayi tentu berbeda dengan kebutuhan tidur lansia dan kebutuhan tidur anak-anak. karena setiap usia memiliki kebutuhan tidurnya masing masing. Dengan tidur yang cukup maka tubuh manusia akan selalu segar dan fit.

Tidur secara umum merupakan cara bagi tubuh kita untuk memulihkan tubuh yang capek seharian bekerja. Untuk memulihkan tubuh, tentunya tubuh butuh tidur yang tepat dan sehat. kebanyakan orang menganggap kebutuhan tidur manusia itu sehari 7-8 jam. akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk semua usia. Karena , apabila tubuh kita mengalami kekurangan tidur maka hal ini sangat mempengaruhi kesehatan tubuh, seperti mudah capek, kurangnya konsentrasi, adanya gangguan di bagian jantung,dan bahkan bisa terkena diabetes.

Selain itu, kekurangan tidur juga akan berdampak kepada yang lain seperti penampilan, berat badan, adanya lingkaran hitam di sekitar mata, dan bahkan bisa menjadi sebab penuaan dini. Kebanyakan orang kekurangan tidur karena tuntutan pekerjaan, sehingga mereka balas dendam dan menghabiskan akhir pekan untuk tidur berlama-lama.

Sesuai Judul Kebutuhan Tidur Manusia Berdasarkan Usia


  • Bayi yang berusia 0 sampai 3 bulan , membutuhkan waktu tidur yaitu 14 sampai 17 jam.
  • Bayi yang  berusia 4 sampai 11 bulan membutuhkan waktu tidur yaitu 12 sampai 15 jam.
  • Bayi yang berusia bawah tiga tahun atau batita, usia 1 sampai 2 tahun membutuhkan waktu tidur yaitu 11 sampai 14 jam,
  • Anak yang berusia 3 sampai 5 tahun membutuhkan waktu tidur yaitu 10 sampai 13 jam.
  • Anak yang berusia sekolah, mulai dari 6 sampai 13 tahun membutuhkan waktu tidur yaitu 9 sampai 11 jam.
  • Remaja yang beusia 14 sampai 17 tahun membutuhkan waktu tidur yaitu 8 hingga 10 jam.
  • Orang dewasa yang berusia 18 sampai 25 tahun membutuhkan waktu tidur yaitu 7 sampai 9 jam.
  • Orang dewasa yang berusia 26 sampai 64 tahun membutuhkan waktu tidur yaitu 7 sampai 9 jam dan
  • Orang yang berusia 65 tahun ke atas membutuhkan waktu tidur yaitu 7 hingga 8 jam.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan

Yang paling penting untuk diperhatikan adalah kualitas tidur yang tepan dan durasi yang sesuai dengan usia. tidak kalah penting juga bahwa tidur malam tudak bisa digantikan dengan tidur siang. Dimalam hari kita dianjurkan untuk tidur dan beristirahat dan disiang harinya untuk beraktivitas. Jangan sampai kita membalik aturan ini. Usahakan tidur di watu yang sama setiap harinya dan jangan berlebihan tidur di malam hari.

Sebelum beranjak ketempat tidur, hendaknya kita mempersiapkan diri terlebih dahulu, dengan cara memcuci muka, menggosok gigi, mencuci kaki, membersihkan tempat tidur dan menjauhkan alat elektronik. Semua itu dilakukan agar tidur lebih nyaman.

LihatTutupKomentar